BELENGGU-BELENGGU BUDAYA KORUPTIF

Avatar

- Redaksi

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 23:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Raden Jamhuri Aktivis Senior Provinsi Jambi

Raden Jamhuri Aktivis Senior Provinsi Jambi

UltimatumNews,JAMBI – Sehubungan dengan issue yang beredar di tengah-tengah masyarakat dan diikuti dengan pemberitaan pada media massa tentang indikasi prilaku koruptif oknum Bupati Tanjung Jabung Barat yang melakukan penipuan terhadap seorang pengusaha dengan modus operandi meminta pembayaran uang muka atas transaksi jual beli atas proyek yang akhirnya disepakati sebesar 12 % (Dua Belas persen) dari nilai proyek diperjualbelikan tersebut.

Mengingat bahwa karya jurnalistik itu sendiri adalah laporan terbuka, apalagi merujuk pada pandangan yang menilai bawah jurnalis merupakan profesi yang dinilai sebagai profesi yang sangat prestisius, bahkan disebut sebagai pilar ke-4 demokrasi setelah Eksekutif, Legislaif dan Yudikatif.

Pemberitaan sejenis di negara ini bukan lah merupakan satu-satunya yang dilaporkan secara terbuka melalui karya jurnalistik yang memberikan gambaran bahwa prilaku jahat ataupun prilaku koruptif semacam itu sudah menjadi suatu kebudayaan yang mewabah dan merubah warna peradaban bangsa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Begitu tajamnya pena wartawan, sampai-sampai tokoh dunia sekaliber Napoleon Bonaparte seorang Jendral Perang Prancis menyatakan: “Aku lebih takut menghadapi pena wartawan dari menghadapi seribu ujung bayonet musuh. Suatu ungkapan yang merupakan suatu signalement yang memberikan gambaran tentang betapa berpengaruhnya tulisan wartawan dalam memberikan laporan.

Apalagi pemberitaan tersebut bukan merupakan delik aduan, maka sudah saatnya Aparatur Penegak Hukum baik pihak Polda maupun Kejaksaan Tinggi Jambi menindak lanjutinya dengan melakukan proses hukum guna mewujudkan secara nyata kemanfaatan hukum sesuai dengan fungsi dan tujuan hukum yang merupakan ekspektasi masyarakat. Tanpa kemanfaatan hukum tidak akan pernah ada keadilan dan kesejahteraan hanyalah sebuah ilusi dalam dunia fatamorgana.

Berita Terkait  PERINGATI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD S.A.W, DITPOLAIRUD POLDA JAMBI GELAR DO'A BERSAMA

Hukum yang dengan azaz dan norma hukum pembuktian mampu menghentikan perseteruan kepentingan para pihak demi terwujudnya suatu tatanan masyarakat yang sesuai dengan tujuan dan konsep yang dianut oleh negara yaitu negara kesejahteraan (welfarae staate).

Dengan menciptakan suasana atau menanamkan kredo kepada segenap lapisan masyarakat bahwa Hukum adalah panglima tertinggi dari semua kekuasaan apapun bentuknya, Hubungan hukum dan kekuasaan hanya sebatas hubungan kontrol sosial bukan berarti kekuasaan dapat menaklukan hukum berada dibawah kekusaan.

Suatu karakteristik bentuk hubungan antara keduanya (Hukum dan Kekuasaan) sebagaimana ungkapan yang disampaikan oleh Mochtar Kusumaatmadja: “Hukum tanpa kekuasaan adalah angan-angan, dan kekuasaan tanpa hukum adalah kelaliman”.

Hukum yang mampu mengembalikan pandangan keliru sejumlah orang yang memandang bahwa kekuasaan jabatan sebagai sarana mendapatkan rezeki guna memperkaya diri, identik dengan pandangan Moctar Kusumaatmaja diatas kekuasaan tanpa hukum adalah kelaliman, akan tetapi kekuasaan menuntut pengabdian dan pertanggungjawaban dengan segala akibat hukumnya sesuai dengan ikrar suci Sumpah Jabatan yang menghadirkan Tuhan sebagai saksi saat diucapkan.

Berita Terkait  Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya. 

Hukum dan negara harus hadir dan tidak boleh kalah ataupun hukum harus memenangkan perseteruan dengan penganut ajaran budaya koruptif serta hukum tidak boleh kalah menyerah di bawah kekuasaan, apalagi sampai menjadi budak-budak yang diperalat oleh kebuasan nafsu dan naluri kekuasaan yang menaklukan nurani dan nalar akal sehat.

Serta hukum yang mampu mengakhiri suatu pandangan yang identik dengan ungakapan yang pertama kali dicetuskan oleh Plautus dalam karya tulisnya yang berjudul Asinaria (195 SM), dengan sebutan Homo Homini Lupus est yang diartikan dengan Manusia adalah Serigala bagi Manusia lainnya.

Suatu pandangan yang identik dengan ungkapan Aristoteles bahwa Manusia adalah Hewan yang bermasyarakat (Zoon Politicon). Kedua ahli dimaksud terkesan sepakat menggunakan ungkapan dengan menggunakan selain manusia sebagai simbolisasi dari pandangan mereka masing-masing.

Tetapi pandangan Plautus lebih ekstrim yang menggunakan binatang buas (Serigala) sebagai gambaran ataupun ilustrasi dari kegelapan pikiran yang diselimuti oleh tebalnya kabut gelap alam pikiran yang dikuasai oleh kecacatan yaitu cacat nalar dan cacat logika serta sesat pikiran yang melahirkan prilaku manusia identik dengan naluri binatang buas.

Alam pikiran dengan motivasi demi stratifikasi sosial dengan perstigenya, Jika diterjemahkan secara mendalam ilustrasi tersebut memberikan gambaran bahwa manusia dengan budaya koruptifnya lebih buas dan lebih kejam daripada binatang buas.

Berita Terkait  Safari Subuh Bupati Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Dimana tidak pernah ada cerita ataupun dongeng yang menceritakan tentang binatang buas dengan kebuasannya menggunakan ketajaman taring serta kekerasan cengkeraman dari kuku-kukunya memangsa sesama binatang buas.

Sementara manusia dengan kekuasaannya tega menghisap darah dan menjarah rezeki atau memangsa sesama manusia yang dilakukan dengan menghalalkan segala cara dengan segala akibat hukumnya termasuk dengan melupakan latar belakang pendidikan (basic education) dan status sosial serta mengabaikan harkat dan martabat, serta rasa malu.

Kondisi pemikiran yang membutuhkan peranan hukum dalam menimbulkan efek jera dan memberikan suatu pencerahan bahwa binatang buas yang tidak memiliki rasa malu saja tidak pernah memangsa sesama binatang buas. Serta memerdekakan pemikiran pengidap penyakit budaya koruptif dari keras dan tajamnya belenggu-belenggu budaya koruptif.

Penegakan hukum yang tanpa pandang buluh dengan prinsif persamaan di hadapan hukum dengan segala akibat ataupun konsekwensi hukumnya yang mampu untuk mengembalikan pola pikiran manusia yang berada pada posisi semula yaitu pemikiran yang menyadari bahwa manusia adalah teman bagi sesama manusia, atau manusia adalah sesuatu yang sakral bagi sesamanya sebagai yang dicetuskan oleh Seneca dengan pandangannya.

Oleh : Jamhuri – Direktur Eksekutif LSM Sembilan

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Berita Terkait

Hingga Kini Hanya Pasangan Cagub Jambi Romi-Sudirman Yang Berani Sampaikan Visi Dan Misi Ke Publik.
Kaban BPKAD Alias, SH.MH Dukung Penuh Usaha UMKM Muaro Jambi Dengan Belanja Produk Bazar UMKM.
Puluhan Personil Polresta Jambi Dilakukan Cek Urine Mendadak, Kombes Pol Eko Wahyudi : Ini Komitmen Bersih dari Narkoba
Dandim 0416/Bute Pimpin Korp Raport Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama
Survei LKPR di Kota Jambi : Elektabilitas Romi Sudirman Capai 59 %, Haris Sani 38 %
Hadiri Kegiatan HUT TNI ke-79, Sekda Harap TNI dan Masyarakat Perkuat Solidaritas
Pjs. Bupati Tanjung Jabung Barat, dr. H. MHD. Fery Kusnadi, Sp. OG, menghadiri Seminar dan Rakornis Transportasi
Sekda Tanjab Barat Sambut Kafilah MTQ Kabupaten Tanjab Barat
Berita ini 52 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:36 WIB

Hingga Kini Hanya Pasangan Cagub Jambi Romi-Sudirman Yang Berani Sampaikan Visi Dan Misi Ke Publik.

Minggu, 6 Oktober 2024 - 13:15 WIB

Kaban BPKAD Alias, SH.MH Dukung Penuh Usaha UMKM Muaro Jambi Dengan Belanja Produk Bazar UMKM.

Jumat, 4 Oktober 2024 - 14:09 WIB

Puluhan Personil Polresta Jambi Dilakukan Cek Urine Mendadak, Kombes Pol Eko Wahyudi : Ini Komitmen Bersih dari Narkoba

Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:59 WIB

Dandim 0416/Bute Pimpin Korp Raport Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama

Senin, 30 September 2024 - 22:09 WIB

Survei LKPR di Kota Jambi : Elektabilitas Romi Sudirman Capai 59 %, Haris Sani 38 %

Senin, 30 September 2024 - 14:16 WIB

Pjs. Bupati Tanjung Jabung Barat, dr. H. MHD. Fery Kusnadi, Sp. OG, menghadiri Seminar dan Rakornis Transportasi

Jumat, 27 September 2024 - 14:35 WIB

Sekda Tanjab Barat Sambut Kafilah MTQ Kabupaten Tanjab Barat

Kamis, 26 September 2024 - 22:01 WIB

Debt Collektor Tarik Paksa Kendaraan Oknum Anggota Berbaju Loreng Sebabkan Keributan.

Berita Terbaru