Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Senin, 9 Januari 2023 - 23:37 WIB

Tekan Laju  Inflasi Rakornas Pemkab Tanjabbar Tanam Cabai, Dan Maksimalkan Lahan Komoditi Padi. 

Ultimatum.id,TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag meminta kepada TPID dan Satgas Pangan Tanjabbar untuk saling berkoordinasi dalam upaya menekan Inflasi.

Hal tersebut diperintahkan Bupati saat usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 secara zoom meeting yang juga di ikuti Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, Senin (09/01/23).

“Dalam rangka menekan laju inflasi, Pemkab Tanjabbar telah melakukan giat penanaman cabai, dan juga memaksimalkan pemanfaatan lahan penanaman padi,” tutur Bupati.

“Kepada TPID dan Satgas Pangan Tanjab Barat untuk dapat saling berkoordinasi guna menjaga ketersediaan pangan dan kelancaran distribusi yang menjadi fokus utama dalam pengendalian inflasi,” ujarnya.

Berita Terkait  KWALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN KWALITAS RDP 

Sebelumnya, Rakornas yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian menyampaikan bahwa peran Pemerintah Daerah sangatlah penting dalam rangka mengendalikan angka inflasi nasional.

Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag Bupati Tanjabbar saat mengikuti rapat koordinasi nasional guna mengendalikan angka inflasi nasional.

“Dalam pengendalian inflasi diperlukan kerjasama dari seluruh pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” ujar Mendagri.

“Peran Pemerintah Daerah sangatlah penting, ini terbukti di Bulan September angka inflasi mencapai 5,95%, di Bulan Oktober turun menjadi 5,71%, Bulan November 5,42% dan di bulan desember naik sedikit mencapai 5,51% hal naik karena ada Nataru,” terang Tito.

Dalam arahannya, Mendagri juga meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk tetap konsisten dan mendukung dalam mengendalikan harga barang jasa yang disebut indikator inflasi.

Berita Terkait  Bupati Tanjab Barat safari Ramadhan di desa pelabuhan dagang

“Kepada Kepala Daerah harus dapat memanfaatkan secara maksimal satgas pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan upaya yang dilakukan dalam pengendalian harga komoditas diantaranya memperkuat pengelolaan komoditas volatile foods.

“Menjaga ketersediaan komoditas pangan yang dihasilkan dari luar daerah melalui pengadaan pasokan antar Provinsi dan Menciptakan kemandirian pangan serta melakukan upaya mengurangi ketergantungan impor bahan pangan dengan menciptakan barang substitusinya,” jelas Kepala BPS.

Selain itu, Bapanas Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi, I Gusti Ketut Astawa mengharapkan agar Pemerintah Daerah, Satgas Pangan dan Stakeholder lainnya untuk menjaga ketersediaan pangan dan kelancaran distribusi menjadi fokus utama dalam pengendalian inflasi.

Berita Terkait  Warga Menilai Pemda Tanjabtim Terkesan Tutup Mata, Soal Konflik Agraria Yang Berkepanjangan Antara Petani Dengan 3 PT Besar.

Dirinya juga menyebutkan agar mengalokasikan dan mengoptimalkan APBD untuk kegiatan pengendalian inflasi seperti Operasi/Pasar Murah, Subsidi Angkutan, Subsidi Pangan dan kerja sama antar daerah.

“Melanjutkan Gerakan Menanam untuk komoditas pangan yang mudah dihasilkan sendiri, terutama mengantisipasi cuaca ekstrim,” ungkapnya

Ia menegaskan, Pemda yang memiliki Pasar Induk perlu melakukan monitoring pasokan secara kontinyu. Termasuk mengidentifikasi asal pasokan dan kendala yang dihadapi, serta melakukan Pengawasan implementasi KPSH/SPHP beras.

Rakor yang di ikuti dari Rumah Dinas Bupati tersebut turut dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala OPD terkait yang membidangi urusan pertanian, perdagangan, keuangan, sosial, perhubungan, perencanaan pembangunan daerah, PUPR dan Statistik.

(Sulaiman).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Dirlantas Polda Jambi Ancam Akan Hentikan Angkutan Batubara Sementara Waktu.Jika Masih Ngeyel Lebihi Tonase.

Berita

KOLONIALISASI ALA OLIGARKI SEKTOR BATUBARA

Berita

Wabup Lantik PPK KPU Se-Tanjabbar, Dan Berharap PPK Dapat Beri Informasi Detail ke Masyarakat 

Berita

Kodim 0415/Jambi Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi,

Berita

Wabup Tanjabbar Pimpin Apel Launching Polisi RW

Berita

Pemkab Muaro Jambi Lewat BPK Wilayah V menggelar Sedekah Adat Empat Lawang

Berita

Berita Duka 8 Pekerja PetroChina di Betara Alami Luka Bakar Semburan Api Pipa Line Gas

Berita

Dansat Brimob Polda Jambi Pimpin Apel Kesiapan Personil dan Sarpras OMB 2023-2024 di Polres Kerinci