Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita / Muaro Jambi

Jumat, 9 September 2022 - 21:39 WIB

Tekan Inflasi Pemkab Muarojambi galakkan Gerakan Menanam Cabe, Dan Anggarkan Dana Untuk Kelompok Tani Rp.5 Milyar.

Ultimatum.id,MUARO JAMBI – Pasca kenaikan harga BBM di Indonesia tentunya menimbulkan dampak Inflasi terhadap perekonomian nasional, Tak terkecuali dengan Provinsi Jambi dan otomatis kabupaten Muaro Jambi juga ikut terdampak inflasi saat ini,

Sekda Muaro Jambi Budi Hartono saat di temui di ruangan kerjanya kepada pewarta mengatakan provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang cukup tinggi bahkan bulan lalu inflasi di Provinsi Jambi tertinggi di Indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui bulan lalu inflasi di provinsi Jambi mencapai Angga 8.55% untuk itu gubernur Jambi melakukan upaya dalam pengendalian inflasi dengan memanggil seluruh bupati se-provinsi Jambi.” Sampai Sekda.(9/922).

Lebih lanjut kata sekda kabupaten Muaro Jambi sendiri menindaklanjuti arahan gubernur Jambi dalam menekan inflasi di kabupaten Muarojambi sudah melakukan langkah-langkah lanjutan dengan sudah melakukan rapat koordinasi dengan tim pengendalian inflasi di daerah.

Berita Terkait  Dukungan dari Kiai dan Tokoh Masyarakat Mengalir kepada Mohd. Indrawan Husairi untuk Maju di DPR RI

“Salah satu upaya kongkrit kita dalam menindaklanjuti intruksi gubernur dalam upaya menekan inflasi adalah dengan m lakukan gerakan menanam cabe,” Jelas Sekda.

Dia melanjutkan, karena cabe merupakan salah satu komoditas yang berkontribusi besar meningkatkan inflasi.dan dengan digalakkan menanam cabe diharapkan dapat menekan inflasi Teruma di kabupaten Muaro Jambi.

“Kita sudah mengeluarkan edaran gerakan menanm cabe di tempat masing,kepada seluruh kepala OPD setiap pejabat eselon II diwajibkan 10 polibag dan 3 Polibag kepada eselon III diwajibkan menanam cabe. ”
Sampainya.

SekdaJuga berharap kepada seluruh kepala desa mendukung program ini dan kemudian kepala desa agar dapat diteruskan kepada perangkat-perangkat desa masing-masing se-kabupaten Muaro Jambi bahkan diharapakn kepada seluruh masyarakat kabupaten Muarojambi agar dapat menggalakkan gerakan menanam cabe ini.

Berita Terkait  Gudang Minyak Ilegal Dibongkar Oleh Tim Gabungan Polresta Jambi, TNI, Denpom dan Pemkot

“Konsumsi Masyarakat terhadap komoditi cabe kan tinggi Karena dengan adanya gerakan seperti ini diharapakan konsumsi terhadap komoditi ini bisa terpenuhi,dan bisa menekan peningkatan harga cabe itu sendiri, dan kemudian dapat meningkatkan daya beli komiditi lainnya, karena kebutuhan masyarakat akan cabe terpenuhi.” Itu yang pertama Sampai Sekda.

Dan yang ke-dua kata sekda Pemda tidak hanya sekedar menghimbau untuk menggalakkan gerakan menanam cabe ini. Pemda Muarojambi saat ini juga sudah menyisihkan 2 % dana dari dana transfer umum.

“Diperkirakan 2% dana tersebut sebesar Rp.5 Milyar, untuk menekan inflasi di kabupaten Muarojambi saat ini.”Sampai Budi Hartono.

Berita Terkait  Anniversary ke 25 Leting 33 WTT Nusantara Polda Jambi,Berbagai Kegiatan Digelar

Dan Dana tersebut akan di alokasikan kepada kelompok tani masyarakat melalui dinas terkait seperti dinas sosial,dinas holtikultura dan ketahanan pangan, dinas koperindag, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat menekan inflasi ini.

“Semua dana itu akan kembali kepada masyarakat untuk menumbuhkan centra-centra cabe dikabupaten ini, bahkan jika perlu Pemkab akan memberikan bantuan sosial dengan memberikan sembako secara langsung kepada masyarakat,bahkan melalui koperindag akan lakukan operasi pasar,jika eskalasi terus meningkat.” Pungkas Sekda.

Untuk diketahui pada tahun 2022 sendiri Pemkab Muaro Jambi sudah memberikan bantuan bibit cabai dengan anggaran APBD, diperkirakan cukup untuk lahan seluas 20 hektar di daerah sungai gelam, dan pada anggaran perubahan akan di tambahkan lagi agar bisa diperluas lagi wilayahnya.

(Wahid).

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

KABAR GEMBIRA: Masyarakat Merangin Sudah Dapat Cek Up Penyakit Hopotirodisme Di RSUD Abunjani.

Berita

BPJN Jambi Gelar Peringatan Hari Jalan Nasional tahun 2023.Dan Dibuka Langsung Gubernur Al Haris 

Berita

Bupati Anwar Sadat Berikan Sepeda Baru dan Kursi Roda untuk Pedagang Kecil dan Penyandang Disabilitas

Berita

Anwar Sadat M, Ag, Bersama Gubenur Secepatnya Menghadap Kementrian Perdagangan, Impor Pinang.

Berita

ERA GELAP REZIM KEKUASAAN AROMA OLIGARKI

Berita

Eratkan Silaturahmi Polsek Betara Gelar Jumat Curhat Kopi Manis dengan Warga Seputar SPBU

Berita

BPBD Muarojambi Dirikan 3 Pos Siaga Karhutlah, Tindaklanjuti Intruksi Pj Bupati Agar Siap Bencana.

Berita

Bea Cukai Jambi dukung PT CLB eksport madu ke Singapura