Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita / Merangin / Peristiwa

Rabu, 28 September 2022 - 22:33 WIB

Tanggujawab Pemerintah. Maraknya Aktivitas PETI Di Merangin Akibat Faktor Desakan Ekonomi Masyarakat Yang Semakin Berat.

Ultimatum.id,JAMBI – Dampak kerusakan Alam yang timbul dan dirasakan oleh masyarakat luas khususnya sekitar lokasi aktivitas penambangan emas tampa iziin (PETI) diwilayah kabupaten merangin,yang mana jelas dengan kasat mata aliran sungai di sepanjang kabupaten merangin,saat ini tidak lagi nampak jernih seperti beberapa tahun yang lalu.

Kini masyarakat merangin tak dapat lagi menikmati jernihnya Air sungai di merangin seperti sebelum tercemar akibat adanya aktivitas penambangan emas ilegal di daerah itu yang dilakukan oleh oknum pengusaha tambang yang dengan tujuan dapat menikmati hasilnya dan memanfaatkan lemahnya ekonomi masyarakat setempat.(27/9/22).

Berita Terkait  Pemkab Tanjab Barat Lantik 26 Pejabat Struktural dan Fungsional

Aktivis Senior Raden Jamhuri, ketua LSM Sembilan provinsi jambi menanggapi permasalah ilegal minining yang menggila di kabupaten merangin angkat suara, dan memberikan tanggapan, jika keberanian dari para pelaku lebih disebabkan keinginan mencapai kesejahteraan hidup yang dirasakan semakin berat dan sempit.

“Suatu keinginan yang wajar dan manusiawi. secara yuridis ataupun dengan perspektif Causalitas tidak hanya pelaku yang harus diproses hukum, akan tetapi para pemangku kekuasaan turut campur tangan dalam urusan rakyat wajib diproses secara hukum.”Ungkap Jamhuri.

Berita Terkait  Pj Bupati Bachyuni Lantik Puluhan Pejabat Eselon III dan IV

Ketua Lembaga swadaya masyarakat Sembilan provinsi jambi ini menilai, Bukan masyarakat (pelakunya) yang berani karena menganggap daerah tumpah daranya adalah wilayah kekuasaannya, akan tetapi lemahnya pengawasan dan bahkan tidak ada sama sekali pembinaan dilakukan oleh pihak-pihak berkompeten dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA).

Fakta nyata Aktivitas PETI di merangin dilakukan bukan oleh masyarakat kelas bawah.melainkan oleh oknum pengusaha bermodal tebal yang mampu menggunakan Alat berat.

“Pemerintah terkesan dengan sengaja menutupi dan bahkan menghilangkan hak-hak masyarakat untuk mendapatkan Izin Pertambangan Rakyat (IPR).”Pungkas Jamhuri.

Berita Terkait  KEJUJURAN MENJADI UKURAN KETIDAKMAMPUAN

Tambahnya lagi dalam hal ini,  pemerintah terkesan dengan sengaja bersikap seakan-akan melaksanakan konsep-konsep negara hukum (Recht Staat), tanpa menyadari akibatnya, dimana pemerintah sepertinya telah dengan sengaja mengadu domba antara masyarakat yang dianggap melakukan perbuatan melawan hukum dengan aparat penegak hukum.

“Pemerintah lupa dengan defenisi tindakan pembiaran sebagai konotasi dari filosofi barang siapa yang membiarkan sesuatu kejahatan terjadi sesungguhnya dia bagian dari kejahatan itu.”Jelasnya.

Dan menurut jamhuri,jelaslah sudah kalau masyarakat pelaku diproses hukum maka wajib dilaksanakan prinsip – prinsip persamaan hak di hadapan hukum (equality of the law).

 

(Wahid.)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Adventorial

Antisipasi Penyebaran Penyakit Dimusim Penghujan, Kodim 0415 / Jambi Laksanakan Karya Bakti. 

Berita

Respon Cepat, Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Bakal Bangun Tembok Jembatan yang Ambruk di Desa Panca Bakti

Berita

Kebut Pengerjaan Jalan Nasional, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Rampung dan Pemudik Nyaman dan Aman 

Berita

Jamhuri ” Solusi dan Kajian Polemik Angkutan Batubara Yang Diambil Pemprov Tidak Mencapai Cita-cita Utama Negara, Yaitu Keselamatan Rakyat. 

Berita

Pemkab Gelar Sertijab Komandan Kodim 0419/Tanjab

Berita

Kadinkes Muaro Jambi Himbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup PHBS. 

Berita

Dirlantas Polda Jambi Ancam Akan Hentikan Angkutan Batubara Sementara Waktu.Jika Masih Ngeyel Lebihi Tonase.

Berita

Said Sandi Diduga Tenggelam, Di Perahu Hanya Tinggal HP Dan Sendal. Basarnas Jambi Lakukan Pencarian