Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Rabu, 28 September 2022 - 20:20 WIB

Tak Indahkan Intruksi Kapolri, Aktivitas Tambang Emas Ilegal Di Kabupaten Merangin Jambi Masih Subur Menjamur

Saat Rombongan wartawan dari jambi turun ke lokasi peti dan tengah bersitegang dengan para pekerja PETI.

Saat Rombongan wartawan dari jambi turun ke lokasi peti dan tengah bersitegang dengan para pekerja PETI.

Ultimatum.id,JAMBI – Dalam beberapa minggu terakhir beredar pemeberitaan yang diterbitkan oleh para jurnalis dari kabupaten merangin,yang mana isi pemberritaan beberapa media merangin tersebut menyebutkan ada 6 orang oknum wartawan asal jambi mengaku buser polda jambi, yang kemudian diamankan oleh warga dan diserahkan ke polisi, tepatnya oleh warga desa Muara jernih tabir ulu kabupaten Merangin provinsi Jambi, (28/9/22)

Salah seoarang dari enam wartawan yang di kabarkan telah diamankan oleh warga, Nopriandi Kepada media ini membantah dengan tegas bahwa pemberitaan yang menyebutkan jika rombongan mereka mengaku buser polda dan di kepung warga yang kemudian diamankan saat sedang melakukan investigasi dilapangan terkait adanya aktivitas penambangan emas tampa izin (PETI) yang masih menjamur di kabupaten Merangin.

Foto Dokumentasi Aktivitas PETI di desa Muara Jernih Tabir Ulu kabupaten merqbgin Provinsi Jambi

“Itu informasi Hoax,terkait pemberitaan yang telah beredar saat ini kami yang bersangkutan meminta kepada jajaran media Merangin untuk mengklarifikasi pemberitaan yang kita anggap sepihak dan tidak sesuai fakta yang terjadi di lapangan pada saat kami turun ke lokasih tambang ilega di daerah mereka,atau aktivitas peti di wilayah hukum Polsek tabir ulu beberapa waktu lalu.” Sampai Novriandi

Berita Terkait  Proyek Stadion Tarif Internasional Pemprov Jambi Gagal. Dan Diwarnai Dengan Kegagalan lelang Tender

Lebih lanjut Novriandi menjelaskan serta dengan tegas melalui media ini bertujuan mengkelarifikasi,jika berita yang beredar tersebut tidaklah sesuai fakta alias Hoax dan lalu menceritakan kronologis kejadian yang mereka alami.

Pada saat itu kata Novriandi hari minggu (25/09) sekira pukul 10:30 WIB kami rombongan dari enam media yang berbeda asal provinsi jambi bersilahturahmi dengan para penambang emas yang diduga ilegal.dan mulanya pada saat kami menuju ke lokasih peti tersebut kami menanyakan kepada para pekerja peti yang kami jumpai, untuk mengorek informasi dari mereka namun mereka bungkam.

 

“Para pekerja peti memilih bungkam dan mereka mengatakan kami tidak tau lokasi peti, dan ketika ditanya terkait alat berat yang kami temukan ada beberapa yang sedang beraktivitas itu milik siapa, mereka tidak mau mengungkapkan kepada kami, dan hanya mengaku jika mereka cuma pekerja karpet.”Sampai Novriandi.

Penampakan Alat berat yang tengah beraktivitas dilokasi Tambang ilegal Kabupaten Merangin.

Lanjutnya lagi, setelah rombongan kami menanyakan hal tersebut para pekerja peti malah kabur meninggal kan lokasi area peti tersebut.dan kami melanjutkan perjalanan menuju ke penambang berikut nya yang banyak tersebar di wilayah hukum polsek tabir ulu.

Berita Terkait  Ketua DPRD Merangin Ajak Seluruh Forkomfimda Bahumembahu Menjaga Kabupaten

“Di lokasi iambang berikut nya ini kami bertemu dengan seorang ibu-ibu salah satu pengurus tambang peti itu kami mendapat respon yang sangat baik dari ibu tersebut. dengan mengajak kami kekediamannya untuk membahas kedatangan kami dengan maksut bersilahturahmi.” Sampai Novriandi.

Namun dalam perjalanan dari lokasih mau menuju keluar kami melihat di pinggir jalan sudah ramai warga yang mungkin penasaran untuk melihat apa yang kami lakukan di sana .

Dokumentasi saat rombongan investigasi wartawan bersitegang dengan para pekerja PETI dan ada Anggota polisi polsek tabir ulu

“Alhamdulillah kami enam media tersebut tidak di perlakukan sebagai mana yang di terbitkan oleh beberapa media di kabupaten Merangin,kami dalam kondisi sehat,dan tidak ada penangkapan dari pihak kepolisian cuma yang ada polisi datang ke lokasi menengahi antara kami dan para pekerja, dengan menjelaskan maksut dan tujuan rombongan kita datang ke lokasi tambang emas ilegal tersebut.” Papar Novriandi

Berita Terkait  Bupati Tinjau Pos PAM Lebaran di Desa Pematang Lumut, Pastikan Kesiapan Arus Balik

Dan dengan adanya kejadian ini jelas dan tidak terbantahkan jika hingga saat ini benar masih ada dugaan pembiaran aktivitas penambangan emas tanpa izin (ilegal) bahkan tak tanggung-tanggung para penambang emas di kabupaten merangin menggunakan alat berat dan tersebar di beberapa titik lokasi.

Foto yang beredar melalui pemberitaan beberapa media kabupaten merangin, yang diambil dari cctv polsek tabir ulu

Terkait Foto mereka yang beredar melalui pemberitaan beberapa media dari merangin Novriandi menjelaskan, jika itu adalah foto dari cctv saat mereka berada di polsek tabir ulu, dan foto itu saat mereka sesudah dari lokasi peti, setelah anggota Polsek datang menengahi dan memberikan penjelasan kepada warga,dan dari situlah rombongan di suruh main ke Polsek

“Itu foto kami lagi silahturahmi ke polsek setempat, karna kami di suruh anggota Polsek main ke kantor polsek, karna anggota tersebut adalah kawan sekolah dari salah seorang teman kita dari media Buser exspos,bukan kami ditangkap dqn mengaku anggota buser polda. kan sudah jelas rombongan kami memakai baju pers,Itu pun foto dari cctv yang di edarkan ke grop polres merangin.” Pungkas Novriandi.

(Wahid)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pejabat Sekda melantik pejabat Eselon III dan IV

Berita

Dandim 0416/Bute Pimpin Upacara Hari Bela Negara Ke 75

Berita

Seorang Pemulung di Sukabumi Menangis dan Pingsan di Pelukan Jendral Polisi Saat Dapat Kejutan.

Berita

Pemkab Tanjab Barat Sambut Baik Terbentuknya KDEKS Jambi

Berita

Sekda Tanjabbar Lantik 9 Penjabat Struktural dan Fungsional

Berita

Ini Himbauan YLKI Bersama Aktivis,Aliansi Peduli Provinsi Jambi Kepada Masyarakat Se-Provinsi Jambi.

Berita

Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan UAS-Hairan: Ini Sejumlah Pencapaian yang Sudah Terealisasi

Berita

Pj Bupati Muaro Jambi Buka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke- 51 Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Kumpeh, Di Desa Sogo,