Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Minggu, 19 Maret 2023 - 15:33 WIB

Rugi 3,5 M, PT.ASDP Akan Alihkan Rute KMP Senangin Lingga ke Bengkalis, Bagaimana Nasib Rute Kuala Tungkal

Ultimatum.id,TANJAB BARAT – Kementerian Perhubungan akan mengalihkan lintasan KMP Senangin yang sebelumnya melayani rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal ke rute Air Pulih-Sei Selari di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

 

Alasan alih lintasan ini dilakukan lantaran karena PT Angkutan Sungai,Danau,dan Penyeberangan (Persero) ASDP,pengelola kapal Roro, mengalami kerugian hingga Rp 3,5 miliar selama tiga tahun. Hal itu tertuang dalam Surat ASDP Nomor OP.001/19/III/ASDP-BTM/2023 tanggal 13 Maret 2023

 

Dengan pengalihan lintasan diharapkan kerugian yang dialami ASDP dapat diminimalisir.

 

Padahal Lintas Penyeberangan Telaga Punggur (Batam) – Dabok dan Dabok Kuala-Tungkal resmi menjadi lintasan Komersil pada 1 Janauri 2023 yang sebelumnya merupakan Lintasan Perintis.

Berita Terkait  Bupati Anwar Sadat Berikan Sepeda Baru dan Kursi Roda untuk Pedagang Kecil dan Penyandang Disabilitas

 

Raja Firdiansyah, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga mengungkapkan pihaknya mendapatkan surat dari ASDP tanggal 13 Maret 2023.

 

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pihak ASDP mengalami kerugian atas rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal.

 

“Untuk menutupi kerugian tersebut, ASDP memberikan dua opsi yakni penyesuaian harga (Tarif) dan subsidi dari pemerintah daerah,” ujar Raja seperti dilangsir goriau.com, Jumat (17/3/23).

 

Namun, kata Raja Firdiansyah Pemkab Lingga tidak dapat memenuhi permintaan subsidi ASDP karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, Dishub Lingga telah menyurati Dishub Provinsi Kepri untuk berkoordinasi terkait permintaan tersebut.

Berita Terkait  Pada Paripurna DPRD Tentang Sampaian Pandangan terhadap Ranperda TA 2023, Fraksi Gerindra Minta PUPR Transparan.

 

Menurut Raja Firdiansyah, rute Roro Batam-Jagoh-Kuala Tungkal merupakan rute vital yang harus tetap ada, karena pada rute ini distribusi barang kebutuhan pokok masuk ke Lingga.

 

Ia berharap koordinasi bersama Pemprov Kepri akan menemukan solusi agar rute kapal Roro Batam-Jagoh-Kuala Tungkal tetap berjalan.

 

“Tentunya hal ini menjadi prioritas Dishub Lingga untuk segera diselesaikan,” imbuhnya.

Berita Terkait  HITAMNYA KEKUASAAN BATUBARA

 

Jika memang jadi dialihkan, lantas banagimana nasib rute roro Kuala Tungkal?

 

Terkait hal itu, Kadis Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Syamsul Juharai, S.Sos mengaku telah menerima tembusan surat dari ASDP tersebut.

 

Syamsul menyebut Kabupaten Tanjab Barat memang tidak langsung terimbas tapi Provinsi Jambi dan beberapa daerah distribusi sayuran dan buah-buahan akan terhambat juga.

 

“Dimana selama ini rute kapal Roro Kuala Tungkal-Lingga-Batam bisa menghidupkan dan meningkatkan perekonomian Jambi dengan Kab. Lingga,” ujarnya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Ratusan Botol Miras Berbagai Merek dan 920 Liter Tuak, Dimusnahkan Polres Tanjabbar

Berita

Dipimpin Ketua Irwansyah, Pengurus PWI Kota Jambi Bertolak ke Bandung Hadiri Kongres XXV PWI 

Berita

Dandim 0415/Jambi, Hadiri Upacara Hari Juang Kartika Ke – 78

Berita

Kombes Pol Agus Tri Waluyo Dirpolairud Polda Jambi Tempatkan Polisi RW Di Wilayah Perairan Jambi

Berita

Gelar Musrembangdes Sungai Jambat, Bahas Infrastruktur serta Penggalian Sungai Primer dan Sekunder. 

Berita

Pengamanan KTT G20, Polri Terjunkan Patroli Berkuda

Berita

Pemkab Muaro Jambi Kumpulkan Ratusan juta, Wujud nyata Peduli Palestine. 

Berita

Reses Agustian Mahir. Masyarakat Jambi Tulo Minta Infrastruktur Jalan Dan Lampu Penerbangan,