Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Jumat, 6 Januari 2023 - 14:13 WIB

Petani Karet Kabupaten Muaro jambi Menjerit. Harga Karet Anjlok Sejak July 2022. 

Ultimatum.id,MUARO JAMBI- Harga karet tingkat petani di beberapa kecamatan di kabupaten muaro jambi anjlok, hal ini diketahui langsung dari petani kecamatan Sungai Gelam dan Kecamatan Sekernan.Jum’at(6/1/23)

Seperti yang dikatakan sejumlah Petani di kecamatan Sungai Gelam, yang menuturkan saat ini harga karet semakin merosot. hingga berada dikisaran Rp 7.000 per kilogram.dan oleh sebab itu pendapatan petani karet di Kecamatan Sungai Gelam kini semakin terpuruk.

“Harga karet Rp 7.000 mas, dak naik-naik. Menjerit kami mas, mana harga sembako sekarang naik,”Terang Misria, petani karet yang juga ibu rumah tangga di Desa Kebun Sembilan, Kecamatan Sungai GGelam.

Lebih lanjut Misria menambahkan, selain harganya murah, hasil produksi karet saat ini juga menurun, lantaran kondisi daunnya yang berguguran.

“Sudah trek getahnya berkurang, gak naik-naik harganya. Harapannya semoga dinaikkan harganya, “ungkapnya.

Petani tetap menyadap karetnya demi dapat bertahan,dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya

Hal senada juga diungkapkan oleh Muslim, petani karet di Desa Kebun Sembilan lainnya, dia juga selaku Ketua RT.18, Desa Kebun Sembilan di mengungkapkan, petani karet di Desa nya saat ini mengeluh akibat dari dampak anjloknya harga karet.

Berita Terkait  Wabub Tanjabbar H. Hairan,  Ikuti Senam Sehat Di Alun-alun Kota Kula Tungkal

“Jadi petani karet ini sangat mengeluh pak. malah Sembako mahal, belum lagi biaya anak sekolah,”tutur Mualim.

Mualim berharap, harga karet dapat kembali naik seperti masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sempat menembus harga Rp. 20.000 per kilogram.

“Pada masa pak SBY petani karet cukup bergairah. Harga karet sempat menembus harga Rp 20.000 pak. Kami berharap harga karet kedepan bisa di atas Rp 10.000 perkilo. kilo,”jelasnya.

Berita Terkait  Stockpile PT.TGM Masih Beraktivitas Di Area Situs Cagar Budaya Candi Muaro jambi, Pemda Sepertinya Tidak Berdaya.

Sementara itu hal yang sama juga diutarakan oleh Selamet, salah seorang petani karet di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam.

Menurut selamet, harga karet yang ideal ditingkat petani saat ini minimal Rp 15.000 perkilogram. Saat ini harga jual karet dari petani ke tengkulak bertahan Rp 7.000 sejak hampir 8 bulan lalu.

“Harga karet lagi anjlok, gak stabil. Kalau bisa pemerintah harga karet ini dinaikan lah. Harga karet Rp 7.000, gak ada perubahan. Daun parah (pohon karet, red) lagi trek, ga ada getahnya. Biasanya seminggu bisa dua pikol (200 kilogram), sekarang mentok-mentoknya hanya sepikol (100 kilogram),”ungkap Selamet.

Sementara hal senada juga di ungkapkan Amir Warga Kelurahan Sengeti mengatakan harga karet jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kecamatan lain.

Berita Terkait  Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan Polresta JAMBI Bersama BNN Jambi Dan

Petani karet kecamatan Sekernan saat ini melesu akibat harga karet yang tak kunjung naik.sejak beberapa bulan terakhir, namun tak ada pilihan petani tetap musti menyadap karet, meski hasilnya hanya pas-pasan untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari.

” Harga karet di kecamatan sekernan merosot drastis sejak bulan Juli 2022 lalu hanya Kisaran Rp. 6.800 /kg hingga sekarang, namun kami tetap harus menyadap karet, demi menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. ” Ungkap Amir.

Lebih lanjut Dirinya berharap kepada pemerintah kabupaten muaro jambi agar dapat memberikan solusi supaya harga karet stabil dan mereka tidak kesulitan lagi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap kepada pemerintah Muaro Jambi memperhatikan nasib para petani karet di kabupaten ini, yang idealnya harga karet normal Rp. 10.000, seperti harga karet enam bulan yang lalu.” Harap Amir Petani karet Kecamatan Sekernan.

(Wahid)

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

H. Anwar Sadat Dan Jajaran Tinjau Lokasi Kebakaran. 

Berita

Ahirnya Keputusan Calon Ketua PWI Jambi Final Hanya 2 Kandidat.

Berita

Bupati Tanjab Barat meninjau secara langsung pasar beduk di jalan melati Kuala Tungkal

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Silaturahmi Bersama Media Massa, Dan Tandatangani Kontrak Kerjasama. 

Berita

Bupati Tanjab Barat membuka secara resmi acara Sosialisasi Ketenagakerjaan dan Talk Show dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional

Berita

ANTARA KEPASTIAN HUKUM DAN KEBAL HUKUM

Berita

Dua Tahun Kepemimpinan Anwar Sdat Di Gelar Tasyakuran. 

Berita

Sat Narkoba Polresta Jambi Amankan Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Di Kawasan Danau Sipin.