Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Minggu, 6 Agustus 2023 - 08:59 WIB

Pemkab Muaro Jambi Lewat BPK Wilayah V menggelar Sedekah Adat Empat Lawang

Ultimatumnews,Muaro Jambi – Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Balai Pelestarian Kebudayaan BPK Wilayah V menggelar Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan dalam rangka rangkian Kenduri Swarnabumi dibuka Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH., di Candi Gumpung, Kawasan Cagar Budaya Nasional di Desa Baru, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Minggu (6/8/23).

Rangkaian pagelaran seni budaya dan pariwisata di Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka Kenduri Swarnabumi terlihat sukses dan penuh semarak. Setelah menggelar Festival Candi di Desa Pematang Jering, Kenduri Swarnabumi Bebiduk Besamo (Naik Perahu Bersama) Ekspedisi Susur Sungai Batanghari di Desa Maro Pijoan dan Paggelaran Kenduri Swarnabhumi Festival Aek Telakung di Desa Maro Sebo.

Dalam kesempatan ini pemerintah Kabupaten Muaro Jambi kembali menggelar Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan dalam rangka rangkian Kenduri Swarnabumi kegiatan ini, selaras dengan narasi Kenduri Swarnabumi yaitu, “Menghubungkan kembali masyarakat dengan peradaban sungai, hutan dalam kesatuan Adat Melayu Jambi”,

Berita Terkait  DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024.

Pembukaan Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan tersebut dimulai dengan penanaman bibit pohon, Penebaran Benih Ikan, Workshop Pengelolaan Sampah Plastik, Workshop pengembangan Komunitas, dan dimeriahkan dengan pementasan seni budaya tradisional Muaro Jambi, serta Pameran UMKM.

Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah SH,. MH., Menyambut baik pelaksanaan berbagai kegiatan seni budaya dan pariwisata dalam rangka Kenduri Swarnabhumi (arung sejarah peradaban budaya masyarakat Sungai Batanghari), termasuk Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan di Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut Pj. Bupati Bachyuni Deliansyah merupakan wujud komitmen dan harapan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melestarikan seni budaya di Kabupaten Muaro Jambi. Melalui berbagai festival seni budaya di Kabupaten Muaro Jambi yang digelar dalam rangka Kenduri Swarnabhumi, Seni budaya dan pariwisata Muaro Jambi bisa terangkat. Melalui Fesitval seni budaya tersebut menjadi sebuah kesempatan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Muaro Jambi lebih luas ke tingkat nasional dan mancanegara. Harap pj. Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah.

Berita Terkait  Satreskrim Polres Tanjab Barat Amankan Warga Muaro Jambi.

“Kita kembali menggelar Sedekah Adat Melayu Empat Lawang Sejarangan yang dimulai dengan penanaman bibit pohon, penebaran b3nih ikan, Workshop pengelolaan sampah plastik, Workshop pengembangan komunitas dan penampilan seni budaya tradisonal serta pameran UMKM hari ini, Sedakah Adat Melayu Empat Lawang Sejarangan ini merupakan rangkian Kenduri Swarnabhumi II tahun 2023 yang dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota se-Provinsi Jambi”. katanya.

Bachyuni Deliansyah mengatakan, kegiatan seni budaya tersebut penting mengangkat akar budaya kabupaten Muaro Jambi. Melalui festival seni budaya tersebut, nilai-nilai, norma-norma, budaya dan adat tradisional Kabupaten Muaro Jambi yang nyaris terlupakan selama ini bisa dikenal kembali oleh masyarakat kita atau anak cucu kita nanti.

Bachyuni Deliansyah lebih lanjut mengatakan, ragam tradisi dan budaya yang dimiliki masyarakat Kabupaten Muaro Jambi dapat dioptimalkan sebaik mungkin. Kekayaan seni budaya masyarakat Muaro Jambi dapat dimanfaatkan menjadi daya tarik wisata. Apalagi kabupaten Muaro Jambi mempunyai Cagar Budaya Nasional (KCBN) yakni Candi Muara Jambi.

Berita Terkait  Kontingen Porprov 2023 raih Prestasi Harumkan Nama Kabupaten tanjabbar

“Melalui tradisi Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan berbagai objek pemajuan kebudayaan lainnya, warga masyarakat Muaro Jambi bisa mendapatkan penghasilan. Keragaman seni budaya tersebut bisa memikat dan menarik kunjungan wisatawan ke objek wisata Candi Muaro Jambi,”katanya.

Dikatakan, Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan tersebut juga penting sebagai momentum transfer pengetahuan tentang kebudayaan daerah kepada generasi muda. Kemajuan teknologi saat ini mengakibatkan arus informasi kebudayaan asing merajalela. Hal tersebut dikhawatirkan membuat generasi muda lupa terhadap seni budaya daerah dan nasional yang sebenarnya menjadi kebanggan mereka.

“Besar harapan kita, Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan ini menjadi salah satu upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontrol. “Tutupnya.(ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Menang Telak, Edi Leonardo Mappasessu Kembali Terpilih Pimpin Desa Sungai Jambat

Berita

Pemkab Tanjabbar Melalui Dinas P3AP2KB Gelar Peringatan HARGANAS Ke-30 dan HAN Ke-39

Adventorial

Hinga Ahir Masa Kepemimpinan Backhyuni Deliansyah,SH.,M H, Pemkab Muaro Jambi Berhasil Kembali Meraih Opini WTP Yang ke 8 Kali Berturut-turut.

Berita

Pemkab Gelar Sertijab Komandan Kodim 0419/Tanjab

Berita

Menguak Misteri Danau Dadakan Di Sungai Gelam

Berita

DPRD Muaro Jambi Gelar Rapat Paripurna Dan Setujui Ranperda Disahkan Menjadi Perda. 

Berita

Breaking News, Pandu Si Pemilik Gudang Minyak Meledak Tertangkap

Berita

Pungutan Bermodus Komite Di SMKN 1 Muaro Jambi Berbuntut Panjang. Orang Tua Murid Sebut Seolah-olah DPRD Restui Terjadinya Pungli.