Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Senin, 31 Juli 2023 - 16:18 WIB

Pemkab Muaro Jambi Akan Menggelar Kenduri Swarna Bumi Tahun 2023

UltimatumNews,MUARO JAMBI – Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bakal menggelar kegiatan Kenduri Swarnabhumi tahun 2023. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyampaikan, kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan sebagai wujud ikhtiar bersama untuk lebih sinergis lagi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai batanghari.

” Melalui pendekatan budaya dan sejarah, bahwa keberadaan sungai batanghari mengandung peradaban panjang yang sarat dengan berbagai kearifan,” kata Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah kepada pewarta, Senin (31/7/23) siang.

Berita Terkait  Humanis, Satpol-PP Damkar Muaro Jambi Beri Sosialisasi Terhadap Pedagang Kaki Lima.

Bachyuni Deliansyah mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan manfaat sungai yang sangat penting dalam kehidupan manusia, juga terhadap flora dan fauna didalamnya dan ekosistem di sekitar aliran sungai batanghari.

” Narasi yang diusung ialah, menghubungkan kembali hubungan masyarakat dengan sungai atau peradaban akuatik. Kenduri Swarnabhumi di Kabupaten Muaro Jambi ini mengangkat tema Bebiduk Besamo,” katanya.

Bachyuni Deliansyah menjelaskan, secara filosofis di masyarakat Bebiduk Besamo ini memiliki arti sebagai sebuah penopang hidup dalam konteks sungai. Ia menyebut Bebiduk Besamo ini, merupakan sebuah konsep festival yang menghubungkan peradaban hulu menuju ke arah hilir.

” Jika dihubungkan dengan narasi peradaban akuatik, Bebiduk Besamo ini mengangkat isi pencemaran lingkungan khususnya di sungai batanghari. Apabila, dihulu mengalami kerusakan atau pencemaran maka dihilir yang akan merasakan dampaknya,” jelasnya.

Berita Terkait  Mahasiswa KKN Tematik UNJA 2022 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Produk Turunan Pinang (Areca cathechu L. ) Di Kelurahan Bram Itam Kiri

Pj Bupati Muaro Jambi mengatakan, Bebiduk Besamo ini nantinya akan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 02 sampai 03 Agustus mendatang.

Di hari pertama nantinya akan ada kegiatan ekspedisi batanghari yang bakal diadakan di Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatannya bersifat aktifitas terhadap lingkungan seperti, susur sungai, penanaman bibit pohon, pelepasan benih ikan , seminar pengelolaan lingkungan dan sebagainya.

Dihari kedua nantinya akan ada kegiatan festival objek pemajuan kebudayaan yang akan diselenggarakan di Lubuk Penyengat Desa Baru Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatannya seperti, zikir berdah, betutur, tari lukah gilo, drama kolosal yang berjudul “Dam Rajo” dan lain sebagainya.

Berita Terkait  Peduli Warga Kurang Mampu, Polresta Jambi Salurkan Bantuan Melalui Bhabinkamtibmas ke Rumah Warga 

” Kenduri Swarnabhumi tahun 2023 ini merupakan kelanjutan dari program kenduri Swarnabhumi tahun 2022 lalu, yang bertujuan untuk menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu dan sejarah peradaban kerajaan melayu di Daerah Aliran Sungai (DAS) batanghari, dan juga melalui festival Bebiduk Besamo ini kita sama sama sepakat untuk merawat dan menjaga sungai batanghari lebih baik lagi,” tukasnya.(ADV) 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Sekda Muaro Jambi Serahkan Donasi Untuk Palestina ke Baznas Provinsi Jambi Untuk Disalurkan. 

Berita

GURITA KONFLIK KEPENTINGAN 

Berita

Kemendagri Kabulkan Aspirasi Masyarakat Tanjabbar,Kesepakatan Tapal Batas 2021 Dibatalkan.

Berita

Ciptakan Kamseltibcarlantas Selama STQH, Ditlantas Polda Jambi Hentikan Mobilitas Angkutan Batu Bara

Berita

Jambore PKK Tingkat Kecamatan Sekernan  Dibuka Oleh Ketua TP- PKK Muaro Jambi Faradila Bachyuni

Berita

Terkait Jalan Rusak Sebabkan Kemacetan Angkutan Batu Bara, Polda Jambi Dorong Pemprov Cari Solusi

Berita

SMPN 6 Muaro Jambi Satu-satunya Sekolah Tingkat Pertama Di Muaro Jambi Yang Mendapatkan Bantuan Bangunan CTPS Dari PUPR Pusat.

Berita

Dirjenpas Pimpin Upacara Penghormatan Terakhir pada Pemakaman (alm) Handoyo Sudradjat