Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Kamis, 1 September 2022 - 20:46 WIB

Mahasiswa KKN Tematik UNJA 2022 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Produk Turunan Pinang (Areca cathechu L. ) Di Kelurahan Bram Itam Kiri

Ultimatum.id,BRAM HITAM,- Guna melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi mengadakan sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 08 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB s.d selesai secara langsung di Kantor Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Peserta yang hadir pada sosialisasi dan pelatihan tersebut terdiri dari setiap elemen masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri dan juga dihadiri oleh Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri bersama jajarannya.

 

Dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut peserta mendapatkan materi, keterampilan serta sampel hasil dari pembuatan dari produk turunan pinang yaitu berupa masker organik pinang, sirup pinang dan pupuk organik cair dari limbah pinang.

 

Adapun pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan tersebut dilaksanakan secara langsung yaitu pemaparan materi dilanjutkan dengan demonstrasi. Adapun tema dari sosialisasi dan pelatihan ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Peningkatan Nilai Tambah Produk Olahan Buah Pinang (Areca Cathecu L) Di Kelurahan Bram Itam Kiri Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat”.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri Bapak Rudi Gunawan., S.STP.MM. Dalam sambutannya, Rudi Gunawan., S.STP.MM. menyampaikan, sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang ini sangat bermanfaat dan kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat membekali masyarakat untuk dapat berinovasi dalam pertanian terutama mengolah serta memanfaatkan pinang menjadi produk yang berkualitas sehingga memiliki nilai tambah dan harga jual yang relatif tinggi, selain itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kelurahan Bram Itam Kiri.

Berita Terkait  Pelaku Penembakan di Perkebunan PT PAM Berhasil Ditangkap, Kapolres Sarolangun

 

Dan dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk organik cair dari limbah pinang ini memberikan harapan baru bagi petani di Kelurahan Bram Itam Kiri. Semoga dengan pembuatan pupuk organik cair dari limbah pinang nantinya dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia dan dapat memberikan hasil panen yang lebih baik, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi. Beliau berharap, output yang didapatkan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang dapat terus berkelanjutan dan konsisten dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri.

 

Turut hadir membersamai dalam kegiatan tersebut Sekretaris Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri, Ketua Rt. 01 s.d Ketua Rt.15, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kelurahan Bram Itam Kiri.

Ketua Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi, Mikha Oktarina Simanjuntak menjelaskan tujuan dari sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang ini yaitu untuk memberi edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah produk buah pinang yang rendah dikarenakan masyarakat setempat langsung menjual pinang itu ke tengkulak, dan untuk memanfaatkan limbah pinang yang banyak ditemui disepanjang jalan kelurahan bram itam kiri. ” Harapannya melalui sosialisasi ini masyarakat bisa membuat produk turunan buah pinang dan memanfaatkan limbah pinang untuk meningkatkan pendapatannya”. jelasnya.

Berita Terkait  Gudang Minyak Ilegal Dibongkar Oleh Tim Gabungan Polresta Jambi, TNI, Denpom dan Pemkot

 

Saat sosilisasi berlangsung, penyuluh pertanian Bram Itam Kiri bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) bersemangat untuk melanjutkan program produk turunan pinang ini. Tak hanya melakukan sosialisasi dan demonstrasi, mahasiswa posko 7 KKN tematik unja juga meninggalkan inventaris berupa mesin penepung, bahan kimia untuk pembuatan masker organik, EM 4, dsbnya untuk kelurahan Bram Itam kiri. Dengan adanya inventaris tersebut, harapannya masyarakat setempat dapat terus melanjutkan program kerja produk turunan pinang secara berkelanjutan.

 

Selain program utama yang telah dilaksanakan, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi juga melaksanakan kegiatan sosialisasi kesetaraan gender yang di gelar di MTS Nurussa’adah dengan tema “Edukasi Dan Sosialisasi Sejak Dini Mengenai Kesetaraan Gender Untuk Mempersiapkan Peran Generasi Muda Dalam Keberagaman Organisasi Dan Profesi”. Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dan siswi MTS Nurussa’adah mengenai pentingnya kesetaraan gender demi menjunjung persamaan hak sebagai manusia antara perempuan dan laki-laki untuk mempersiapkan peran generasi muda dalam keberagaman organisasi dan profesi.

Tak hanya itu, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi juga melaksanakan kegiatan perlombaan bubur Asyura dalam rangka memperingati 10 muharram yang diikuti oleh seluruh masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri.

Dengan semangat dan sinergi yang tinggi untuk negeri, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi menggelar perlombaan 17 Agustus dalam rangka memperingati HUT RI Ke-77. Sebagai bentuk pengamalan demokrasi, adapun kegiatan yang dilombakan yaitu diantaranya lomba tarik tambang panjat pinang, balap karung, balap lelereng, joget balon, joget rebut kursi, makan kerupuk, dan roti roma.

Berita Terkait  Bupati Tanjab Barat menyerahkan SK kepada 1.467 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2023

 

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh masyarakat setelah vakum selama 2 tahun yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berhasil mendapatkan perhatian penuh dari masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri, karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan yang seperti ini ditingkat kelurahan. Biasanya perlombaan diadakan di masing-masing RT.” Ujar salah satu warga.

Dan dilihat dari euforia esport yang meningkat tiga hingga empat tahun belakangan ini di Indonesia hanya dapat dirasakan oleh segelintir orang, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi pun mengadakan turnamen mobile legends di kelurahan Bram Itam kiri untuk pertama kali nya. Turnamen ini berhasil menarik perhatian pemuda setempat dan menjadi ajang mempererat kekompakan antar sesama pemuda.

Dari berbagai program kerja dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi, harapannya dapat membantu masyarakat setempat untuk meningkatkan nilai tambah produk turunan pinang, mengurangi limbah pinang dan mengolahnya menjadi pupuk organik cair, mengerti dan memahami tentang adanya kesetaraan gender, serta meningkatkan kekompakan antar warga dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Kelurahan Bram Itam Kiri.

 

(Dhea)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat beserta istri dan pejabat Tanjab Barat berzakat melalui BAZNAS Tanjab Barat

Berita

ANTARA KEPASTIAN HUKUM DAN KEBAL HUKUM

Berita

Ratusan Paket Sembako Dibagikan Ditlantas Polda Jambi ke Masyarakat Sambut HUT Lantas ke 67

Berita

PRAHARA BARA MEMBARA DALAM PELUKAN MESRA MAFIA

Berita

Bupati tanjabbarat Anwar Sadat, Targetkan Tanjabbar Juara Umum Porprov Jambi 2023

Berita

Jambore PKK Tingkat Kecamatan Sekernan  Dibuka Oleh Ketua TP- PKK Muaro Jambi Faradila Bachyuni

Berita

Sudah Ambil Sumpah.Dicky Ferdiansyah,S.STP.Resmi Jabat Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi. 

Berita

Kabid Humas Polda Jambi Dampingi Suku Dayak Silaturahmi ke Divisi Humas Polri