Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Minggu, 2 Oktober 2022 - 19:05 WIB

Konflik Lahan Di Jambi Tak Kunjung Selesai, LSM SEMBILAN Layangkan Surat Audience Ke DPRD Provinsi.

Ultimatum.id,JAMBI – Menyangkut konflik lahan antara masyarakat dan perusahaan yang tak kunjung selesai di beberapa wilayah di provinsi jambi, oleh sebab itu, Direktur Eksekutif Lembaga swadaya masyarakat sepakat Menjaga Kestabilan Negara (LSM SEMBILAN) Raden Jamhuri kirimkan surat permohonan Audiensi yang ditujukan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi.(2/10/22).

Kepada media ini Jamhuri mengatakan, surat permohonan Audiensi tersebut merujuk pada ketentuan Peraturan perundang-undangan yang berlaku menyangkut tentang peran serta aktif masyarakat/Lembaga Swadaya Masyarakat dalam penyelenggaraan negara.

“Permohonan sebagaimana pokok surat ini terutama dengan tim yang tempo hari tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) Konflik Lahan DPRD Provinsi Jambi.”Sebut Raden Jamhuri.

Berita Terkait  Kuliner Khas Tanjabbar Laris Manis Terjual di Arena MTQ Sungai Penuh

Kemudian Dia melanjutkan,Pada saat Audiensi yang diharapkan dilaksanakan nantinya disamping membahas persoalan yang telah ditangani oleh Panitia Khusus Konplik Lahan yang terdahulu.

“Kami memiliki hasrat dan keinginan untuk membicarakan tentang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) atas Hak Guna Usaha (HGU) terutama Perkebunan Kelapa Sawit dan Pabrik Kelapa Sawit,”Jelas Raden Jamhuri.

Kemudian PaparJamhuril agi,Dengan persoalan hak dan kewenangan serta mekanisme pemberian Hak-hak atas tanah dan serta pendaftaran tanah yang memiliki kepastian hukum yang diikuti dengan Keabsahan Hukum dan Keabsahan Perbuatan dalam memberikan dan memperoleh hak ats tanah sebagaimana amanat yang tercantum dan berlaku dalam budaya konstitusional.

Berita Terkait  Ditreskrimsus Polda Jambi Tetapkan 7 Tersangka Korupsi Pembangunan Puskesmas di Desa Bungku

Ditenggarai salah satu penyebab utama dari sejumlah konflik lahan adalah proses pemberian hak-hak penguasaan atas tanah, dan diantara persoalan yang kami usulkan untuk dibahas yaitu menyangkut:

1. Pencadangan tanah sebagaimana Keputusan Gubernur Jambi Nomor 75 tahun 1984 Tanggal 12 Maret 1984 tentang Pencadangan Tanah untuk Perkebunan Tebu PT. Bahari Gembira Ria (BGR) di Sungai Gelam; dan Keputusan Gubernur Jambi Nomor 529 tahun 1989 tentang Pencadangan Lahan Kebun Sawit Koperasi Pegawai Negeri Kantor Gubernur seluas 1200 Ha (Seribu Dua Ratus Hektar) di Sungai Gelam serta Kerjasama Kwarda Pramuka dengan pihak PT. Inti Indosawit Subur (IIS) dalam pengelolaan Kebun Sawit Kwarda Pramuka yang terletak di Desa Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang menghasilkan sejumlah terpidana Korupsi pada beberapa waktu yang lalu.

Berita Terkait  Bupati Tanjab Barat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit, Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag., menunjukkan kepeduliannya terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan menjenguk salah satu pengawas pemilu tingkat kelurahan yang sedang sakit. 

2. Pemanfaatan dan Pengelolaan Aset Pemerintah Provinsi Jambi berupa tanah oleh Yayasan Ikatan Keluarga Bersama (Ikabama) dalam penyelenggaran Pendidikan Tinggi yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ikabama ;serta ;

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua DPRD Pimpin Rapat Paripurna Persetujuan dan Penandatangan Nota ke Sepakatan Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

Berita

Ormas PP Jambi Kembali Datangi Mapolda Jambi, Minta Kepastian Hukum Terkait Laporan Bustomi.

Berita

396 CJH Tanjab Barat akan Menunaikan Ibadah Haji Satu Mengundurkan Diri

Berita

Bupati Anwar Sadat Hadiri Pengajian Akbar Di Desa Tanah Tumbuh

Artikel

Kekuatan dan Daya Magis Suara Rakyat serta Kepanikan Rezim Janji.

Berita

Gudang Minyak Yang Diduga Ilegal Di Jambi Terbakar, Pemilik Diburu Polisi.

Berita

Sekda Hadiri Rapat Paripurna Penyampaian Nota Raperda APBD Tanjab Barat Tahun 2024

Berita

Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag Minta Warga Muntialo Manfaatkan Potensi Desa