Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Kamis, 21 Desember 2023 - 21:46 WIB

Kodim 0415/Jambi Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi,

Ultimatum News,Jambi- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan, baru akan masuk di bulan Januari 2024 mendatang. Musim penghujan tidak sesuai dengan prediksi sebelumnya dan alami kemunduran lantaran terdampak El Nino. Masyarakat perlu mewaspadai dampak yang ditimbulkannya.

Pemerintah Provinsi Jambi bersama forkopimda dan Dinas terkait unjuk kesiapan dalam melakukan mitigasi bencana alam. Kegiatan ditunjukkan dalam apel kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi TA. 2023 yang dilakukan dilapangan bola Senaung Kab. Muaro Jambi, Kamis (21/12/2023).

Berita Terkait  Satpol-PP Muaro Jambi Pasang Spanduk Ukuran Besar Di Beberapa Titik Rawan. Upaya Brantas Praktik Prostitusi.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kodim 0415/Jambi beserta Koramil jajaran mengikuti apel gelar pasukan sebagai upaya ikhtiar untuk ikut berperan meminimalisir bencana, korban dan kerugian.

Seperti diungkapkan sebelumnya bencana Hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembaban. Sementara bentuk bencana Hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin putih, gelombang dingin hingga gelombang panas.

Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, S.H., M.I.Pol melalui Pabung Muaro Jambi Mayor Inf Beni menegaskan bahwa apel kesiapsiagaan bencana ini dapat dinilai merupakan elemen yang sangat berperan penting untuk membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Berita Terkait  Mobilisasi Batu Bara Di Stop. Jamhuri "Kebijakan Cucuk Cabut.Kelinci Percobaan Penegakan Hukum.

Ditambahkan bahwa kegiatan apel ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk memperkuat kerjasama penanggulangan bencana antar institusi/organisasi, dengan mengkaji kemampuan peralatan penunjang peringatan dini, evakuasi serta tanggap darurat, meningkatkan kapasitas SDM dalam melaksanakan Standar Operasional Prosedur, jelas Beni.

Berita Terkait  Bupati Tanjabbar Menyambut Kunjungan Panitia Muscab IKA PMII

“Mudah-mudahan dengan adanya apel ini, semua yang terkait penanggulangan bencana sudah siap segala sesuatunya, baik personil, peralatan dan piranti lunak agar bisa masuk kesasaran dan dapat dijadikan untuk upaya evakuasi dengan segera, jika diperlukan.” harapnya.

Apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi selain diikuti oleh TNI dan Polri dalam bentuk barisan pasukan, juga diikuti BPBD, Basarnas, Dinas sosial, PMI, kwarda Pramuka, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinkes dan masyarakat peduli lingkungan.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Diduga Akan Tawuran dan Bawa Senjata Tajam, Segerombolan RK Family Diamankan Tim Macan Selatan Polresta Jambi 

Berita

Satlantas Polres Tanjab Barat Berikan Dikmas Lantas Terhadap Siswa SMA 8 

Berita

Lucu.Definisi dan Persepsi PHP. Menurut Pemimpin Jambi. 

Berita

Polres Tanjabbar Tangani 214 Laporan Polisi dan Didominasi Kasus Curhat Di Tahun 2022.

Berita

Safari Subuh Bupati Ingatkan Warga Kampung Nelayan Bahaya Kebakaran

Berita

Bupati Apreasi Kegiatan Turunkan Angka Stunting di Tanjabbar

Berita

Irwansyah Resmi Jabat Ketua PWI Kota Jambi, Pelantikan Pengurus Dihadiri Tiga Jenderal 

Berita

Pemkab Tanjab Barat Sambut Baik Terbentuknya KDEKS Jambi