Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Minggu, 4 Desember 2022 - 14:05 WIB

Kemacetan Batubara Takkan Berakhir Ketika Nurani Dan Nalar Tetap Dikalahkan Oleh Napsu Kekuasaan Dan Kekayaan. 

Raden Jamhuri, Direktur eksekutif LSM Sembilan Iambi

Raden Jamhuri, Direktur eksekutif LSM Sembilan Iambi

Ultimatum.Id,JAMBI – Raden Jamhuri Direktur Eksekutif LSM Sembilan Jambi mengatakan angkutan Batubara macet hanyalah satu isyarat adanya kemacetan cara berpikir para pelakau usaha dan pemangku kebijakan, yang disebabkan oleh takluknya Nurani dan Nalar dibawah kekuasaan Nafsu serakah.

Semua diawali dari motivasi dan orientasi yang bertajukkan pengabdian omong kosong, pada pandangan terhadap kekuasaan sebagai sumber utama kekayaan dan kekuasaan serta kehormatan dalam konteks sosial ekonomi.

“Dengan menjadikan kekuasaan sebagai sarana prasarana utama dalam memanfaatkan anugerah Tuhan untuk kepentingan ego sentris individu.” Sampainya.

Berita Terkait  PJ Bupati Bachyuni Deliansyah SH. MH.Resmi Lepas (Porprov) Ke- XXIII Tahun 2023

Kemudian menurutnya lagi,ungkapan memanfaatkan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat hanyalah sebuah slogan manis penghias bibir, kemacetan cara berpikir yang menjadikan Batubara sebagai Barang Tuhan di Bagi Rata.

“Sebagai sama-sama pelaku ekplorasi dan eksploitasi, penguasa melakukannya di tataran Birokrasi sebagai penguasa pertambangan perizinan dan pengusaha melakukan pertambangan harta Tuhan di alam terbuka berdasarkan perizinan yang diberikan oleh penguasa.” Paparnya.

Lalu jelas sudah dalam persoalan Batubara bagaikan suatu potret tanpa warna pembeda antara penguasa dan pengusaha, antara pejabat dan penjahat, masyarakat hanya dijadikan sebagai alat bantu utama untuk mendapatkan kekuasaan guna mempermudah eksplorasi kedua jenis pertambangan mata air kekayaan.

Berita Terkait  Anggota Polisi Yang Viral Buka Kunci Sel Tahanan Ternyata Personil Unit Reskrim Polsek Maro Sebo 

“Dengan demikian tatanan hierarki status sosial Kekayaan menempati posisi utama yang diikuti dengan Kekuasaan serta kehormatan dan harga diri berada pada urutan terendah dari susunan status sosial tersebut.” Ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini tiada kekayaan tanpa kekuasaan, tiada kehormatan dan harga diri tanpa keduanya, selama lidah masih tak bertulang kebohongan dan pembenaran adalah jalan tol bagi upaya mempertahankan dan merebut kekuasaan, dengan kekuasaan akan semakin banyak tumpukan kekayaan yang bisa dikuasai.

Berita Terkait  Khitanan Massal di Desa Karya Maju Dihadiri Bupati Tanjabbar

“Kemacetan angkutan Batubara tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan sesat dan macetnya jalan pikiran penguasa dan pengusaha dalam memandang hajat hidup dan status sosial masyarakat.” Tegasnya.

Dan menurut Aktifis senior Provinsi jambi ini bahwa Kemacetan jalan umum akibat dari angkutan Batubara akan selesai dengan sendirinya ketika kemacetan cara berpikir bisa teratasi dengan Nurani dan Nalar manusiawi terlepas dari belenggu Naluri dan Napsu yang memandang Manusia sebagai Manusia seutuhnya dan bukan sebagai budak hawa Napsu.

(Wahid)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Tutup Safari Ramadhan di Desa Pinang Gading, Kecamatan Merlung

Berita

Sekda Agus Sanusi Resmi Buka Sosialisasi Perundang-Undangan Bidang Kepegawaian Tahun 2023

Berita

Bupati Tanjabbar Turun ke Jalan di Kualatungkal Lakukan Aksi Bela Palestina

Berita

Bupati Tanjab Barat berharap Turnamen Gasing Undi tabung dapat diadakan di Tingkat Kabupaten

Berita

Joni Rizal Sebut PWI Jambi “Kotor” Disusupi Pengurus Parpol.

Berita

Kadivpas Jambi Dampingi Wakil Gubernur Tutup Rehabilitasi di Lapas Narkotika Muara Sabak

Berita

Bupati Tanjab Barat Dorong Transformasi Ketenagakerjaan di Tanjung Jabung Barat

Berita

LSM SEMBILAN Minta BPK Audit Anggaran Di RSUD Ahmad Ripin, Dan Akan Lapor Secara Resmi Ke APH