Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Jumat, 17 November 2023 - 19:46 WIB

Kalapas Kuala Tungkal Raih Dua Penghargaan Dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2023

UltimatumNews,TANJABBAR – Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang selanjutnya disingkat PKA adalah pelatihan struktural kepemimpinan administrator sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen pegawai negeri sipil, yang bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator.

 

Pelatihan ini digelar oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang berpusat di Makkasar. PKA ini berlangsung kurang lebih selama 4 bulan, dari Juli sampai November.

 

Pelatihan ini diikuti oleh pegawai negeri sipil dari berbagai instansi, tak terkecuali Kalapas Kuala Tungkal I Gusti Lanang Agus Cahyana Putra.

 

Dalam pelatihan ini, peserta akan mengusung gagasan kreatif yang menjadi aksi perubahan mereka dalam mengatasi masalah yang ada di instansi masing-masing.

 

I Gusti Lanang mengangkat aksi perubahan “Gita Gadis Sewarna”. Gita Gadis Sewarna merupakan akronim untuk Digitalisasi Rekam Medis Kesehatan Warga Binaan.

Berita Terkait  Bupati Ingatkan LAM Menjadi Filter Pengaruh Negatif Budaya Global

 

I Gusti menyadari bahwa rekam medis kesehatan warga binaan di Klinik Pratama Lapas Kuala Tungkal masih memakai kertas atau ditulis tangan langsung oleh dokter.

 

Hal ini menyebabkan lambatnya proses layanan kesehatan yang diberikan sebab harus mencari satu-satu catatan rekam medis secara manual dan juga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menulis.

 

Oleh karena itu, I Gusti Lanang mengusung gagasan kreatifnya yaitu dengan mendigitalisasi rekam medis tersebut. Hal inilah yang yang disempurnakan menjadi sebuah aplikasi yang diberi nama Gita Gadis Sewarna. Aplikasi ini sangat simple dan mobile, karena tidak hanya bisa diakses lewat web namun juga bisa diunduh di android melalui google play store.

 

Dimana sebelumnya catatan rekam medis dilakukan secara manual di kertas, sekarang sudah berubah menjadi digital dalam aplikasi Gita Gadis Sewarna. Yang sebelumnya harus mencari kertas rekam medis warga binaan satu persatu, sekarang tinggal men-tap barcode yang ada pada kartu berobat. Dengan demikian petugas kesehatan dapat memberikan layanan yang optimal kepada warga binaan.

Berita Terkait  Dukung Timnas Indonesia, Anwar Sadat Adakan Nobar Semifinal Piala Asia U23 di Halaman rumah Dinasnya 

 

Seminar aksi perubahan dan pameran inovasi terhadap masing-masing aksi perubahan. digelar di Auditorium Hasanuddin Lt. 1 Puslatbang KMP LAN Makassar, Kamis, 16 November 2023. Dalam pameran ini, setiap peserta mendesain sendiri booth yang mereka punya, begitu juga dengan I Gusti Lanang. Beliau mendesain boothnya dengan poster, X-Banner, majalah, infografis, serta menampilkan video mengenai Gita Gadis Sewarna sebagai aksi perubahannya. Tak lupa ditunjukkan pula bagaimana aplikasi ini beroperasi dan beliau juga mengenalkan makanan khas daerah ataupun produk UMKM lokal di boothnya.

Berita Terkait  Bupati Tanjab Barat menyerahkan SK kepada 1.467 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2023

 

Dalam pameran ini setiap peserta memakai pakaian adat daerah/nasional. I Gusti Lanang sendiri memakai pakaian adat daerah Bali. Beliau mengenakan baju safari putih, lengkap dengan kain kamen dan udeng kepala. Dengan selesainya seminar dan pameran inovasi ini yang merupakan puncak kegiatan dalam pelatihan ini, maka Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini selesai sudah dan penutupan digelar pada Jumat, 17 November. Dalam acara penutupan ini diberikan penghargaan kepada peserta dengan kategori yang ditentukan.

 

I Gusti Lanang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Penghargaan yang diterima ialah “The Best Content Creator” dan “The Collaborative Reformer”. Beliau berterimakasih kepada Puslatbang KMP LAN yang telah memberikan penghargaan ini dan dengan penghargaan ini semoga semakin memotivasi untuk selalu menciptakan gagasan kreatif lainnya demi pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pangdam II/Swj Resmikan Program Bedah Rumah di Kodim 0415/Jambi.

Berita

Tim SAR Lakukan Penyisiran Sejauh 5 KM,Di Hari Kedua Pencarian Bocah Tenggelam. 

Berita

Kronologis Lakalantas di Bram Itam Reangut Nyaw Seorang Ibu Meninggal di Tempat

Berita

Bupati Pinta OPD Terkait Laksanakan Operasi Pasar Jelang HBKN Idul Adha

Berita

Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Polres Tanjabbar Terjunkan 265 Personel

Berita

Kuliner Khas Tanjabbar Laris Manis Terjual di Arena MTQ Sungai Penuh

Berita

Proses Penetapan DCT Oleh KPU Muaro Jambi Tidak Sesuai Mekanisme, Partai PBB Gugat KPU Muaro Jambi. 

Berita

Khitanan Massal di Desa Karya Maju Dihadiri Bupati Tanjabbar