Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Sabtu, 2 Maret 2024 - 12:02 WIB

DiDUGA:Ketua KPU Provinsi JAMBI Salah Gunakan Wewenang, Berikan Perintah Tak Wajar Ke Komisioner KPU Daerah.

Sejumlah Anak Jalanan Di Pulangkan Ke Daerah Asal.Oleh Satpol-PP Muaro Jambi.

Sejumlah Anak Jalanan Di Pulangkan Ke Daerah Asal.Oleh Satpol-PP Muaro Jambi.

UltimatumNews,MERANGIN – Pada pesta demokrasi 2024 ini, Kuat dugaan penyalahgunaan wewenang dilakukan oleh ketua KPU Provinsi Jambi,yang mana selaku pejabat tertinggi,diduga Ketua KPU Provinsi Jambi dengan Kuasanya telah memberikan perintah tidak layak kepada salah satu bawahannya Ketua Komisioner KPU daerah.(02/03/24)

Persoalan ini bermula saat bocornya rekaman suara via telephon,yang diduga pembicaraan antara Komisioner KPU Merangin yang tengah mengintruksikan kepada Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di lapangan agar dapat memindahkan Suara Partai ke salah satu Caleg DPR -RI.

Dalam rekaman yang beredar dan di terima pewarta pada Selasa 27 Februari 2024. terdengar jelas suara yang diduga milik oknum Komisioner KPU Kabupaten Merangin (NQ) yang mana jelas terdengar dengan tegas memerintahkan PPPK agar memindahkan suara Partai ke Suara salah satu Caleg DPR-RI berinisial (BZ) dari Dapil Jambi,

“Suara Partai itu tolong masukan ke salah satu Caleg bang BZ semua.caranya Rekapnya dari PPK ne, PPK memberikan ke PPS (Panitia Pemungutan Suara). PPS tinggal baca itu be. Sirekap itukan tetap ditampilkan di infokus ne, tidak masalah,” Begitu bunyi intruksi NQ dalam rekaman tersebut.

Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Merangin.

Kemudian dalam rekaman yang berdurasi 4 menit,11 detik itu, PPK yang di telpon oleh NQ, menjawab dengan mengatakan jika saat ini si-Rekap lagi bermasalah. Akibat itu penginputan data belum selesai.

Berita Terkait  KEPALA MAKAN DARI KEPALA

Kemudian oleh NQ meminta PPPK tidak perlu lagi untuk menggarap aplikasi Sirekap karena kata NQ, “Kenny sudah dikondisikan tidak akan menekan PPK.” apalagi di Sirekap kan itu hanya merupakan media pendukung dalam aturan tidak harus digunakan.

“Mako jangan digarap baiyo sirekap itu. Kalau sirekap bermasalah itu nian yang kita harap.Bermasalah lah terus, jadi PPS tinggal baca hasil Excel PPK.Ini nanti diprint itu serempak dari Pusat hingga Kabupaten, sehingga orang tidak lagi terbaca,” Terang NQ dalam rekaman itu.

Tak banyak bicara, akhirnya PPK tersebut menyerahkan hal itu para Komisioner.

Praktek culas ini juga diduga kuat ditenggarai atas adanya perintah langsung dari Ketua KPU Provinsi Jambi,Iron Syahroni. dugaan ini bukan tanpa sebab, pasalnya bedasarkan kata (NQ) dalam rekaman itu Iron Syahroni sempat dibuat meradang akibat satu kesalahan Komisioner KPU Merangin.

Berita Terkait  Diduga Akan Edarkan Sabu, Empat Pelaku Diamankan Satresnarkoba Polresta Jambi 

“Dio lah keno marah dengan bang Iron tadi, lantak lah dek nyo situ,” imbuh NQ dengan logat Merangin.

Dalam rekaman itu (NQ) juga terdengar mengatakan, akibat hal itu ketua KPU Provinsi meminta kepadanya agar yang mana bisa diselamatkan, tolong selamatkan, untuk kedepannya.

“Dak usahlah Dis, kedepan mano yang bisa kau selamat selamatkan dak usah lewat Buk Haya lagi,” Sebut (NQ) dalam rekaman itu meniru ucapan Iron Ketua KPU Provinsi Jambi.

Tidak hanya Iron Syahroni yang disebut, guna mendobrak suara BZ, Ketua KPU Merangin ini mengakui bahwa ia juga menerima telpon dao Ahmad Puadi Anggota Bawaslu RI dan KPU RI agar dirinya dapat mendongkrak suara Caleg (BZ) di Jambi,khususnya Kabupaten Merangin.

“BZ itulah, ini langsung Ahmad Fuadi nelpon, KPU RI nelpon jugo.tinggal bagawe be, inilah printahnya.Clearlah, Clear kan, soalnya nak ngirim laporan, oke,” Itu bunyi rekaman suara oleh Ketua KPU Kabupaten Merangin.

Berita Terkait  Di Hari Pramuka Ke-61,Danrem 042/Gapu Terima Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti.

Terkait permasalahan ini,Albert Trisman selaku Ketua KPU Kabupaten Merangin saat dikonfirmasi pewarta soal percakapan dalam rekaman tersebut Via Pesan WhatsApp pribadinya,tidak membalas Pesan Pewarta.

Sedangkan Iron Syahroni, Ketua KPU Provinsi Jambi,ketika kebenaran Atas adanya Nama Ketua KPU yang amat sangat jelas Ikut disebut-sebut oleh Komisioner KPU Merangin yang jelas mengatakan ikut teribat. membantah atas adanya keterlibatan dirinya, seperti apa yang ada dalam suara rekaman sebelum nya.

“Dak dak itu, siapo bilang. Dak Ado Sayo intruksikan dak,”Jawab singkat Ketua KPU Provinsi Jambi.dengan langsung mematikan Handphonenya.

Atas sikap Iron Syahroni seperti itu,yang dengan refleks mematikan alat komunikasi dengan pewarta, seakan-akan Panik dan terkesan ingin menghindari pertanyaan berikutnya dan tidak senang dihubungi oleh wartawan.

Selaku Ketua KPU Provinsi, ketika Namanya jelas Ikut disebut-sebut, seharusnya Dirinya menjelaskan secara gamblang melalui pewarta kepada publik, bagaimana agar publik percaya bahwasanya Dia benar-benar tidak terlibat, bukan malah sebaliknya, menghindar. sikap yang sangat tidak layak di ambil oleh seorang pejabat publik.

Reporter:Rafik.

Editor: Wahid

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kegiatan JMS, Kejari Berharap Pelajar MTs Negeri 1 Kuala Tungkal ‘Kenal Hukum dan Jauhi Hukuman’

Berita

Sekda Ir. H. Agus Sanusi M, Mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat Sosialisasikan Perbup Nomor 6 Tahun 2023

Berita

Bupati Tanjab Barat Hadiri Secara Langsung Pembukaan Roadshow Bus KPK 2023

Berita

PWI Pusat Akan Pimpin Konferensi PWI Jambi dan Juga Akan Dikawal Ketat DK PWI.

Berita

Pj Bupati Buka Kegiatan Rembuk Stunting Tahun 2023.

Berita

Dirut RSUD Abunjani Bangko Terus Berupaya Layani Masyarakat Sebaik Mungkin. 

Berita

Silaturahmi Bersama Jamaah LDII, Bupati Anwar Sadat Apresiasi Peran Penting dalam Dakwah dan Syiar Islam di Tanjab Barat

Berita

Wakili Pemuda Seberang Apresiasi Respon Cepat Polda Jambi Salurkan 9 Ton Air Bersih