Akibat Banjir.Jalan Penghubung 3 Desa Hampir Lumpuh. Kades Mohon Pemkab Bantu Sembako Dan Lakukan Penyemprotan Ke rumah Warga. Pada Ajang IHIA VII-2023, Pemkab Tanjabbar Raih Penghargaan Platinum Award Berjalan Sukses. Kegiatan Tahunan Musyawarah TJSLDU Yang Di Gelar Bappeda Muaro Jambi,Ini Tujuannya.  Perusahaan Kelapa Sawit Hanya Diberi  Hak Guna Usaha Bukan Menjadi Hak Milik. Golkar Provinsi Jambi sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Dan dibagi-bagikan Ke Masyarakat

Home / Berita

Rabu, 5 April 2023 - 20:10 WIB

BPBD  Muaro Jambi Himbau Masyarakat Tetap Waspada Pasca Bencaa Angin Puting Beliung

Ultimaum.id,MUARO JAMBI – Setidaknya Sebanyak 239 rumah warga di dua desa di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, p=provinsi Jambi mengalami kerusakan ringan dan berat akibat dilanda Bencaa angin puting beliung beberapa waktu yang lalu.

“Untuk rumah yang alami kerusakan ringan, sedang hingga berat setelah kami data dari tadi siang sampai malam ini total semuanya ada 239 rumah yang alami kerusakan akibat puting beliung ini,” kata Camat Sungai Bahar, Agus Riadi kepada, Rabu (05/04/ 2023).

Bencana angin puting beliung itu terjadi pada Selasa (4/4) malam. Selain adanya kerusakan rumah warga, beberapa pohon besar di daerah itu juga ikut tumbang akibat diterpa angin puting beliung tersebut.

Berita Terkait  AKSI POLITIK KEBIJAKAN CARI PANGGUNG

Agus menjelaskan dari 239 rumah yang terasa, 4 rumah dalam kondisi rusak sangat berat, sementara rumah dalam rusak berat terdapat 14 rumah, sedangkan rusak ringan hingga sedang terdapat 216 rumah.

“Ini kejadian yang sangat parah tahun ini, dan sebelumnya tidak pernah ada kejadian seperti ini dari bencana angin puting beliung itu. Apalagi sampai ratusan rumah yang ikut ditembak,” ujar Agus.

Dijelaskan oleh dia, dari kejadian itu pula ada dua orang warga yang kini harus dilarikan ke rumah sakit lantaran alami luka-luka akibat di hantam dari bangunan rumah yang saat itu alami kerusakan.

Berita Terkait  Sudah Satu Bulan Berlalu, Namun Agen Pelayaran PT AMN Tak kunjung Lakukan Perbaikan Dermaga Penyeberangan Di Parit 10.

“Rumah yang alami kerusakan itu terjadinya di Desa Mekar Sari Makmur sama di Desa Marga Mulya. Dan kami berharap ini bisa segera ditangani dengan cara memberikan bantuan pada warga yang rumahnya alami kerusakan berat, bantuan itu bisa dari dana desa yang mana melalui dana tanggap darurat bencananya,” terang Agus.

Sementara dari data BPBD Kabupaten Muaro Jambi, bencana angin puting beliung itu juga terjadi di Kecamatan Bahar Utara, selain terjadi di Kecamatan Sungai Bahar.

Berita Terkait  PERINGATI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD S.A.W, DITPOLAIRUD POLDA JAMBI GELAR DO'A BERSAMA

“Kalau dari data kami angin puting beliung ini juga merusak rumah warga di Kecamatan Bahar Utara ya selain dari Kecamatan Sungai Bahar,” kata Sekretaris BPBD Muaro Jambi, Zuhdi saat dihubungi.

Zuhdi menjelaskan, bahwa bencana puting beliung ini karena kondisi cuaca ekstrem yang terjadi. Dia mengimbau agar warga tetap terus waspada saat adanya kondisi angin kencang.

“Kita imbau warga tetap terus waspada, sejauh ini warga sudah mengupayakan gotong royong dalam membereskan sisa-sisa kerusakan rumah mereka, tapi yang rusak ringan hanya sebagian atap mereka saja yang berbangan,” ujar Zuhdi.

(**)

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415 Jambi Sukseskan Kegiatan SWK Korem 042/Gapu di Bumi Perkemahan Sungai Gelam

Berita

Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat. PLN segera menganggarkan pemasangan listrik untuk 2.904 KK di Tanjab Barat.

Berita

4 Rumah Petani Di Teluk Nilai Ludes Dilalap Jago Merah

Berita

Bupati Tanjabbar Intruksikan Bentuk Kelompok Duta Anti Narkoba di Kecamatan

Berita

Bupati Tanjabtim Hadiri Peresmian Masjid As-Syarif Kodim 0419/Tanjab

Berita

KEPALA MAKAN DARI KEPALA

Berita

Ketua DPRD Pimpin Rapat Paripurna Persetujuan dan Penandatangan Nota ke Sepakatan Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

Berita

Pagi Ini, Arus Lalu Lintas Ruas Angkutan Batubara Terpantau Lancar dam Tidak Ada Kemacetan